Selasa, 26 Mei 2015

Pompei - Kota yang Hilang

HILANGNYA PERADABAN POMPEI

Kota ini didirikan oleh kaum Osci atau Oscan yaitu suatu kelompok masyarakat di tengah Italia. Pompeii kemudian berkembang pesat dan maju dari segi pembangunan.
Akan tetapi, di balik kemajuan arsitektur dan aspek kesenian yang memukau, kota itu sebenarnya berkembang sebagai pusat pelacuran serta kegiatan yang melampaui batas kemanusiaan. Rumah pelacuran dibangun dengan jumlah yang tidak terhitung.
Masyarakat Pompeii pada saat itu juga dikatakan menerapkan kepercayaan 'Mithra' yang meyakini bahwa alat kelamin dan persetubuhan tidak seharusnya dilakukan secara sembunyi tetapi harus dilakukan di tempat terbuka.
Setelah lama aktivitas maksiat tanpa batas itu berlangsung di kota tersebut, secara tiba-tiba gunung berapi Vesuvius yang sebelum itu 'sepi' selama dua juta tahun akhirnya meletuskan lava panas hingga membanjiri kota itu. Tidak ada seorang pun dari penduduk yang selamat bahkan debu tebal bencana itu terus menenggelam serta melenyapkan Pompeii dari sejarah peradaban dunia bahkan mengubah penduduknya seolah menjadi patung batu.
Pompeii hancur oleh letusan gunung Vesuvius pada 79 M. 
Debu letusan gunung Vesuvius menimbun kota Pompeii dengan segala isinya sedalam beberapa kaki menyebabkan kota ini hilang selama 1.600 tahun sebelum ditemukan kembali dengan tidak sengaja.

Sept 2014 kemarin, Saat ikut Conference Oriflame http://www.dewinurulsatvani.blogspot.com/2014/10/pengalaman-tak-terlupakan-naik.html
salah satu kota yg di tuju adalah Napoli dan saat Cruise berlabuh di Napoli, saya dan tour sempatkan jalan2 ke Pompei ini.
Melihat langsung Reruntuhan Pompeii.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar